6 Bangunan Bersejarah di Kabupaten Pangandaran

Indonesia adalah salah satu negara yang pernah dijajah oleh negara lain, Setiap bangunan-bangunan yang didirikan pada zaman itu pastinya akan menyimpan sejarah bagi zaman kita, tidak terkecuali Pangandaran, ya salah satu saksi sejarah tentunya adalah bangunan-bangunan yang masih ada hingga saat ini. Nah berikut ini ada 6 Bangunan bersejarah di Pangandaran yang dibangun di masa penjajahan dan masih berdiri kokoh hingga saat ini :

1. Rumah Belanda

rumah-belandaRumah yang ini merupakan rumah yang dibangun oleh orang Belanda saat itu, namun kini kondisi nya sudah rusak parah karena tidak terurus. Rumah yang terletak di desa Paledah Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran ini pernah menjadi tempat menginap pihak Belanda ketika akan menyebrang ke Sungai Citanduy untuk memantau perkebunan di Jawa Tengah.

2. Gedung Uyeng

gambargaleri1743besarBangunan berarsistektur Belanda ini terletak di Dusun Bojongsari tepatnya di Jalan Babakan KM 0.5 Pangandaran. Bangunan yang sudah terlihat tua ini pun terkesan Angker. Sejak tanahnya di beli oleh pengusaha Susi Puji Hastuti, bangunan ini terlihat lebih cantik dan nyaman walaupun suasana sepi masih sangat terlihat akibat dikelilingi tanah kosong yang luas, buat anda yang pernah makan di Yans Seafood Pangandaran, gedung ini terletak tepat diseberangnya. Beberapa Photografer lebih suka melakukan hunting di tempat ini. Ditempat ini juga sering dipakai Syuting film laga pada era 90-an.

3. Stasiun Kereta Api Pangandaran

stasion-pangandaran

Stasiun ini dibangun sejak tahun 1921, merupakan Stasiun tersibuk di Kabupaten Pangandaraan saat itu. Karena tempat transit penumpang dan pengangkutan barang serta rempah-rempah dari hasil perkebunan di Kecamatan Banjar, Banjarsari, Padaherang, Kalipucang, Cijulang dan Parigi.

4. Jalur Kereta Api Banjar – Cijulang

jalur-cijulang-banjar

Jalur kereta api ini, menghubungkan kecamatan-kecamatan yang berada di Ciamis Selatan pada massa nya. Pembangunan jalur kereta api ini dibangun pada masa pemerintahan hindia belanda pada tahun 1898 atas usulan F . J Nellensteyn. Pembangunan jalur kereta api ini dilatarbelakangi kepentingan ekonomi , karena dahulu di sekitar Banjar terdapat banyak perkebunan yang sangat memerlukan sarana transportasi memadai untuk proses pengangkutan. Semua perkebunan di Wilayah Ciamis selatan merupakan perkebunan milik kalangan swasta dari Eropa.

5. Terowongan Wilhemina

ok

Terowongan ini merupakan terowongan terpanjang di Indonesia, terowongan yang di bangun sejak zaman belanda ini terletak di Kecamatan Kalipucang. Namun akibat dihentikannya jalur Banjar Cijulang kini kondisinyapun sangat memperihatinkan, rel didalamnya sudah hilang entah kemana. Terowongannya pun dipenuhi rumput dan semak belukar dan terkesan angker.

6. Goa Jepang

goa-jepang

Goa jepang terletak di Cagar Alam Pantai Pangandaran, goa yang dibangun oleh pemerintah jepang pada tahun 1941-1945 bertujuan untuk memantau atau mengawasi pendaratan pihak Belanda di Pantai Pangandaran. Setiap tanggal 17 Agustus warga Jepang yang berada di Pangandaran melakukan upacara khusus sebagai tanda penghormatan terhadap nenek moyang nya.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat dan bangun yang memiliki sejarah yang belum terungkap di Kabupaten Pangandaran. Sekian informasi 6 Bangunan Bersejarah di Kabupaten Pangandaran dari saya semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan dan wawasan tentang Sejarah di Kabupaten Pangandaran, Terimakasih.

Tags: pangandaran sejarah

Posting Terkait "6 Bangunan Bersejarah di Kabupaten Pangandaran"

Objek Wisata Pantai Legian Bali
Bali hmm memang sudah tak asing lagi
Tempat Wisata Rafting Di Bandung
Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan mengarungi
Objek Wisata Pantai Dreamland Bali
Pantai Dreamland adalah sebuah tempat wisata di

Tinggalkan pesan "6 Bangunan Bersejarah di Kabupaten Pangandaran"