Dari hari ke hari, dunia e-commerce begitu ramai dengan munculnya pengusaha baru di industri jual beli online ini. Ada yang membuka toko di marketplace, ada yang membuat website toko online sendiri, ada yang jualan di sosial media dan masih banyak lagi.
Berbicara tentang industri e-commerce, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengangkat tentang jasa pengiriman online. Mungkin 10 tahun yang lalu, kita hanya mendengar beberapa pemain besar yang cukup “senior” dalam industri jasa ekspedisi ini. Kini, nama-nama baru yang tak kalah harum juga muncul.
Kamu yang sering berbelanja online tentunya tidak asing dengan jasa pengiriman JNE, TIKI, J&T, Pos Indonesia, SiCepat, Ninja Express, Wahana dll. Mungkin sebagian dari kamu juga sudah pernah mencoba satu persatu dari jasa pengiriman tersebut dan sempat membandingkan kualitasnya.
Pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas semua jasa-jasa pengiriman tersebut. Kami hanya akan membahas salah satunya yang cukup senior di Indonesia, yakni Wahana.
Sekilas Tentang Wahana
Wahana sendiri resmi berdiri pada 11 Juni 1998, itu artinya jasa pengiriman ini sudah ada lebih dari 20 tahun yang lalu. Wahana berada di bawah manajemen PT. Wahana Prestasi Logistik dengan merek Wahana Express. Perusahaan ini terkenal sebagai jasa pengiriman dengan biaya rendah. Saat ini Wahana sudah memiliki 53 kantor cabang dan 3500 mitra agen yang tersebar di seluruh Indonesia.
Adapun berikut kelebihan dan keunggulan Wahana:
- Harga Murah
Keunggulan yang paling menonjol dari Wahana ini adalah harganya yang bisa dikatakan lebih murah dibandingkan jasa ekspedisi lainnya. Bahkan ketika kamu berbelanja online pada suatu online shop atau marketplace, tidak jarang ada gratis ongkir Wahana.
- Jaringan Luas
Di atas telah disebutkan bahwa Wahana tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Itulah mengapa, Wahana ini bahkan bisa menjangkau daerah terpencil.
- Dapat Perlindungan Asuransi
Setiap barang yang dikirimkan menggunakan ekspedisi Wahana akan diasuransikan dengan nilai 0.5% dari nilai barang. Ini sangat bagus, karena bisa melindungi kamu sebagai pembeli barang.
Layanan Pengiriman Wahana
Kita pastinya tahu, bahwa jasa pengiriman umumnya mempunyai layanan yang beragam, sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, Wahana juga mempunyai berbagai macam layanan yang bisa memenuhi kebutuhan kamu :
- Wahana Express
Ini adalah layanan paling umum yang sering digunakan oleh para pedagang online. Layanan Wahana yang digunakan di beberapa marketplace adalah layanan ini. Buat kamu yang ingin paketnya sampai dalam 1 – 3 hari dengan harga yang murah, maka kamu bisa gunakan layanan ini saat belanja online.
- Wahana NextDay
Seperti namanya “Next Day”, maka pesanan kamu yang dikirimkan melalui layanan Wahana akan sampai esok hari. Layanan Next Day dari Wahana bisa dikatakan lebih murah dari pada jasa ekspedisi lain untuk layanan yang sama.
- Wahana Kargo
Beli barang yang berat dan besar via online? Tidak masalah! Kamu bisa memilih layanan pengiriman Wahana Kargo untuk mengirimkan pesanan kamu. Pengiriman dengan bobot 10 kg dengan harga yang cukup bersaing.
- Wahana Ekonomis
Layanan Wahana ini seperti namanya, layanan yang paling ekonomis di antara yang lainnya. Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk menghemat budget.
Cara Cek Posisi & Status Pengiriman Paket Kamu
Setelah paket pesanan kamu dikirimkan melalui layanan Wahana, tentunya kamu ingin mengetahui keberadaannya. Kamu bisa melakukan cek resi wahana dengan beberapa cara:
- Melalui Website
Kamu bisa melakukan cek resi Wahana melalui website resmi Wahana di wahana.com, kemudian masukan nomor resi kamu.
- Melalui Aplikasi Sahabat Wahana
Kamu bisa melacak keberadaan paket kamu dengan mengunduh aplikasi Sahabat Wahana.
- Melalui Customer Service (CS)
Kamu juga bisa langsung menghubungi customer service jika ingin menanyakan status dan posisi paket kamu berada.
- Menggunakan AgogoPost Apps
Kamu bisa menggunakan fitur dari AgogoApps. Kamu bisa mengunduh AgogoPost Apps terlebih dahulu di Play Store dan juga App Store. Selain itu kamu juga bisa memantau kiriman Wahana kamu di halaman ini 👉 cek resi Wahana.
Status Pengiriman Wahana
- Barang telah diterima oleh wahana, itu artinya paket kamu sudah diterima oleh agen Wahana untuk selanjutnya dikirimkan.
- Diterima di Sales Counter Agen WPL, itu artinya paket kamu Wahana agen.
- Di pick up oleh petugas (lokasi), itu artinya paket kamu sudah dijemput dan akan diantarkan ke daerah tujuan.
- Diterima di fasilitas Wahana HUB, itu artinya paket kamu sudah ada dan diterima di gudang kota tujuan.
- Pengiriman dari HUB (lokasi) ke (lokasi), itu artinya paket kamu sudah dikirimkan dari gudang ke agen di dekat kamu.
- Diterima di fasilitas Wahana (lokasi), itu artinya paket kamu sudah ada di agen kota kamu, sebentar lagi sampai ke rumah kamu.
- Proses pengantaran oleh kurir (lokasi), (nama kurir), itu artinya kamu harus siap-siap, paket kamu sedang diantar kurir ke rumah kamu.
Kelebihan Menggunakan AgogoPost
AgogoPost adalah sebuah layanan gratis untuk memudahkan kamu dalam melacak paket yang kamu beli secara online. AgogoPost ini mendukung lebih dari 1200 ekspedisi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Itu artinya, jika kamu menggunakan jasa ekspedisi lain selain Wahana, kamu juga bisa mengeceknya menggunakan aplikasi ini.
Menurut hemat kami, dari pada kamu ribet mengunduh satu persatu aplikasi jasa pengiriman, lebih baik pakai AgogoPost Apps yang bisa digunakan untuk semua. Kamu tidak perlu khawatir, aplikasi AgogoApps betul-betul gratis.
Di AgogoApps juga kamu bisa menemukan alamat semua ekspedisi di seluruh Indonesia. Ini bermanfaat sekali buat kamu, jika suatu saat paket kamu harus dijemput di kantor ekspedisi. Dengan AgogoApps ini kamu akan dengan mudah menemukan alamat kantor terdekat dengan posisi kamu.