Bagi para pemilik perusahaan atau pun industri, sepertinya sudah tak akan asing lagi dengan berbagai upaya melakukan penghemat listrik untuk gedung. Cara, trik, sampai langkah untuk menghemat listrik sepertinya sudah akan digalakkan oleh perusahaan demi menekan penggunaan energi ini. Alasan terbesar tentu saja untuk menekan biaya dari penggunaan listrik. Selain tentunya untuk menjadikan perusahaan atau pun industri lebih ramah lingkungan. Namun adakah cara yang akan benar-benar menghemat listrik ini?

Salah satu cara hemat listrik untuk gedung yang bisa dilakukan oleh perusahaan sebenarnya dengan menggunakan alternatif sumber daya listrik. Perusahaan seperti Sewatama memberikan sederet pilihan sebagai alternatif sumber daya listrik yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan di industri.

Dari sederet pilihan alternatif sumber daya listrik yang ditawarkan Sewatama ini. Mana yang sekiranya akan pas digunakan bagi penghemat listrik untuk gedung?

  1. Alternatif sumber daya listrik dari tenaga matahari

Solar panel yang menjadi alternatif sumber daya listrik dengan tenaga matahari sudah pasti merupakan pilihan utama. Keuntungan dari menggunakan solar panel sebagai alternatif sumber daya listrik selain ramah lingkungan, juga memiliki energi yang besar. Bukan tidak mungkin sama sekali bila penggunaan solar panel ini akan cukup untuk penyediaan listrik skala perusahaan sekalipun.

Selain keuntungan dari besarnya energi listrik yang bisa dihasilkan dari solar panel, juga biaya yang digunakan akan sangat terjangkau. Pemasangannya memang sedikit rumit bila dibandingkan dengan alternatif sumber daya listrik lain. Namu pastinya bukan tidak mungkin untuk digunakan.

  1. Alternatif sumber daya listrik dengan generator

Berbeda dari solar panel, alternatif sumber daya listrik satu ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya besarnya energi yang dihasilkan tak seperti menggunakan daya listrik dari matahari. Selain itu menggunakan generator pun tak ramah lingkungan, walau pun lebih baik dari pada menggunakan sumber listrik konvensional.

Energi yang tak terlalu besar, juga dibarengi dengan harga generator yang terbilang terjangkau. Setidaknya sekali lagi, alternatif sumber daya listrik ini dibandingkan dengan konvensional.