Asyiknya Menikmati Objek Wisata Dago Pakar

Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Bandung merupakan hutan kota yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Bandung ke arah utara. Dan berada di ketinggian 800 – 1350 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini berada di daerah Dago atas dan karena letaknya itulah Tahura Djuanda lebih dikenal dengan nama Dago Pakar.

images (6)

Objek wisata Dago Pakar merupakan suatu objek wisata pilihan buat Anda yang ingin merasakan wisata alam dekat dengan pusat kota, Anda dapat menikmati pemandangan indah dan menghirup udara hutan yang segar setelah bosan berbelanja di kota Bandung :-). Selain wisata alam, Tahura Djuanda yang memiliki luas sekitar 527 hektar ini, juga menawarkan wisata sejarah yaitu melihat peninggalan sejarah masa penjajahan Belanda dan Jepang juga melihat sisa-sisa peninggalan manusia purba dahulu kala dengan bukti artefak-artefak kuno di museum mini, selain itu wisata edukasi untuk pengenalan dan identifikasi jenis tumbuhan. Taman ini terhampar luas mulai dari Dago sampai Maribaya Lembang.

Berbagai jenis tumbuhan hidup di objek wisata Dago Pakar ini, diantaranya ialah pohon Pinus (Pinus merkusii), Kaliandra (Calliandra callothyrsus), Bambu (Bambusa sp.) Teklan (Euphatorium sp.), kayu Manis dan lain-lain. Sementara binatang yang hidup disini antara lain Musang (Paradoxurus herma paproditus), Tupai (Callosciurus notatus), Kera (Macaca insularis) serta berbagai jenis burung seperti Kepondang (Oriolus chinensis), Kutilang (Pycnontus caferaurigaster), Ayam hutan (Gallus gallus bankiva) dan beberapa spesies lainnya.

Tempat-tempat yang dapat dikunjungi saat berada di Tahura Djuanda bila diurutkan dari gerbang pintu masuk Dago sampai Maribaya adalah Curug Dago dan batu prasasti kerajaan Thailand, kolam PLTA Bengkok, monumen Ir. H. Djuanda dan pusat informasi (museum mini)Tahura, taman bermain, Gua Jepang, Gua Belanda, Curug Lalay, Curug Omas Maribaya,  dan Patahan Lembang. Gua Jepang dan Gua Belanda merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya cukup dekat dari pintu utama Dago dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

images (9)

Untuk menelusuri ke dalam Gua ini, anda biasanya akan diminta menyewa sebuah senter seharga 5000 rupiah dan Anda juga dapat meminta bantuan pemandu untuk membantu Anda menelusuri gua ini dengan biaya 25000 per pemandu. Bila Anda tak mau menyewa pemandu, Anda dapat pula masuk ke gua ini tapi saran saya sebaiknya beramai-ramai ya, jangan sendirian.

Gua Jepang

Gua Jepang merupakan gua buatan yang dibangun pada tahun 1942 saat masa penjajahan Jepang di Indonesia. Gua ini terletak sekitar 600 meter dari pintu masuk Dago Pakar.

Gua Jepang

Gua Jepang

Gua Jepang memiliki empat pintu yang saling terhubung kecuali pada pintu kedua yang dimaksudkan sebagai pintu pengecoh. Dulu, gua dengan panjang ± 70 meter ini difungsikan sebagai tempat perlindungan sekaligus pusat pertahanan Jepang di Bandung Utara. Di dalam gua ini terdapat empat buah kamar yang dulunya dipakai istirahat panglima tentara Jepang. Gua ini sempat terlantar dan tertutup oleh semak belukar dan hutan saat tentara Jepang meninggalkan Indonesia. Namun akhirnya sekitar tahun 1965, gua ini ditemukan kembali beserta sisa-sisa peninggalan tentara Jepang seperti senjata dan amunisi di dalamnya.

Gua Belanda

Gua Belanda terletak sekitar 400 meter setelah Gua Jepang. Ukuran Gua Belanda berukuran lebih luas dan terlihat lebih baik dibandingkan Gua Jepang karena Gua Belanda sudah pernah direnovasi beberapa kali.

Gua Belanda

Gua Belanda

Gua Belanda merupakan gua buatan yang dibangun pada tahun 1941 yang awalnya digunakan sebagai terowongan untuk keperluan saluran air bagi Pembangkit Tenaga Air (PLTA) Bengkok lalu gua ini difungsikan sebagai pusat komunikasi rahasia tentara Belanda kemudian pada saat masa kemerdekaan, gua ini dimanfaatkan sebagai gudang mesiu.

Hiking ke Maribaya

Kawasan Tahura Djuanda memang sangat luas, taman ini menghubungkan objek wisata Dago Pakar dan objek wisata Maribaya Lembang. Bila Anda senang berjalan kaki dan hobi hiking, Anda dapat menyusuri jalan setapak / jogging track dengan jarak sekitar 4 km dari Dago ke Maribaya.

Perjalanan yang lumayan jauh dan menanjak ini tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan hutan kota yang eksotik dan segarnya udara, menyusuri sungai yang berkelok. Anda pun berkesempatan melihat beberapa monyet dan ditemani suara burung yang bersiul merdu. Bila Anda merasa lelah, beristirahatlah sejenak di beberapa titik gazebo yang tersedia di sepanjang perjalanan.

Curug Ciomas

Curug Omas Maribaya

Di sepanjang jalur ini, Anda dapat melihat beberapa air terjun, diantaranya Curug Koleang dan di akhir perjalanan,  Anda dapat melihat pemandangan air terjun Curug Omas dan taman Maribaya yang sangat indah.

Untuk dapat masuk ke objek wisata Dago Pakar, Anda akan dikenakan biaya dengan rincian sebagai berikut:

  • Tiket masuk Rp. 8000 termasuk asuransi
  • Parkir Mobil Rp.10.000
  • Parkir Motor Rp.5000

Untuk dapat memasuki kawasan Tahura, Anda dapat melalui beberapa pintu masuk yaitu pintu masuk utama di Dago, pintu masuk di PLN Ciburial dan pintu masuk Maribaya di Lembang. Pilihlah pintu yang paling dekat dengan tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Bila Anda mau melihat curug Ciomas maka sebaiknya Anda masuk melalui pintu masuk Maribaya kecuali bila Anda berencana hiking dari Dago ke Maribaya. Pintu yang paling sering digunakan adalah pintu masuk utama di Dago karena kondisi jalan yang cukup baik.

Untuk mencapai pintu masuk tsb dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan tetapi bila Anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum, Anda dapat memilih angkot yang menuju terminal Dago lalu berjalan kaki +/- 3 km atau naik ojeg karena tidak ada kendaraan umum yang melintas tepat di depan pintu masuk.

Bagaimana? selamat mencoba dan selamat berlibur …

Tags: air terjun bandung utara dago gua hiking hutan lembang sejarah

Posting Terkait "Asyiknya Menikmati Objek Wisata Dago Pakar"

Objek Wisata Pantai Legian Bali
Bali hmm memang sudah tak asing lagi
Tempat Wisata Rafting Di Bandung
Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan mengarungi
Objek Wisata Pantai Dreamland Bali
Pantai Dreamland adalah sebuah tempat wisata di

Tinggalkan pesan "Asyiknya Menikmati Objek Wisata Dago Pakar"