Pulau Sumatera merupakan pulau yang secara geografis letaknya paling barat di Indonesia. Selain itu, di Pulau Sumatera ini menyimpan segudang kekayaan baik itu dari sektor alam, penduduk maupun budayanya. Di Pulau Sumatera juga banyak sekali tempat-tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatan domestik maupun mancanegara. Bagi anda yang tinggal di Pulau Jawa dan ingin berkunjung ke Pulau Sumatra, anda bisa menggunakan berbagai macam transfortasi, salah satunya adalah dengan menggunakan pesawat. Karena pesawat ini merupakan salah satu sarana transfortasi yang populer dan banyak digunakan orang. Karena dengan menggunakan pesawat ini selain nyaman juga lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

Memang harga tiket pesawat ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan sarana transfortasi lainnya. Namun jangan khawatir, karena di waktu tertentu pihak maskapai sering mengadakan tiket pesawat promo dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi anda bisa mengunjungi Pulau Sumatra menggunakan pesawat dengan harga tiket yang murah. Berikut tempat wisata yang ada di Pulau Sumatera :

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Pada mulanya jembatan yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini dinamai Jembatan Bung Karno. Pemberian nama Jembatan Bung Karno ini ditujukan sebagai penghormatan kepada sang Presiden pertama Indonesia yang telah memperjuangkan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan diatas Sungai Musi. Akan tetapi, sang Presiden menolak pemberian nama tersebut. Sehingga akhirnya jembatan itu diberi nama Jembatan Ampera yang sangat sesuai dengan slogan bangsa Indonesia pada waktu itu, yakni Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) pada tahun 60 – an. Sedangkan Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra yang membelah Palembang menjadi 2 bagian. Di tempat ini banyak sekali objek wisata yang unik dan menarik, seperti Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, Restoran Terapung, dan lain sebagainya.

  1. Istana Siak

Perlu anda ketahui bahwa Istana Siak ini pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Siak yang didirikan pada tahun 1889 silam oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Secara keseluruhan, istana ini terdiri dari 2 lantai. Di lantai satu, anda bisa melihat berbagai macam koleksi seni bersejarah peninggalan keluarga Sultan yang memiliki nilai tinggi. Diantaranya adalah : Patung Sultan Syarif Hasyim I, gendang kuno yang telah berusia lebih dari 200 tahun, dan patung perunggu Ratu Wilhelmina yang berasal dari Belanda. Sedangkan di lantai dua yang dulunya merupakan kamar Sultan dan para tamu, anda bisa melihat berbagai koleksi senjata milik Sultan. Bukan hanya itu, disana juga terdapat beberapa koleksi benda bernilai seni tinggi, seperti lukisan Napoleon Bonaparte.

  1. Janjang Seribu Great Wall Of Koto Gadang

Salah satu tempat wisata yang unik dan menarik di Sumatra Barat adalah Janjang Seribu Great Wall Of Koto Gadang yang terletak di Kota Bukit Tinggi. Dimana tempat wisata ini merupakan sebuah tembok raksasa layaknya tembok China. Dan biasanya orang-orang yang berkunjung ke Sumatra Barat akan mengunjungi objek wisata yang satu ini. Untuk berkunjung kesana, pastikan bahwa stamina anda cukup prima karena medan yang akan dilalui menuju Great Wall ini lumayan menguras tenaga, dan jangan lupa untuk bawa makanan atau minuman untuk jaga-jaga kalau anda merasa lapar dan haus. Perlu anda ketahui, bahwa Janjang Seribu ini mempunyai panjang sekitar 1 KM. Selain itu, objek wisata ini lokasinya berdekatan dengan lobang Jepang, sehingga anda bisa mengunjungi 2 tempat wisata sekaligus.

Itulah beberapa tempat wisata di Pulau Sumatra, semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi anda yang akan berwisata ke Pulau Sumatera.