Hal Penting Ketika Mencuci Tangan

  • Whatsapp
Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan benda-benda sekitar, sehingga kemungkinan kulit tangan membawa bakteri lebih banyak dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Untuk bisa membersihkan kuman dari tangan, Anda bisa mencuci tangan. Sudahkah Anda melakukan cuci tangan dengan benar? Berikut ini adalah beberapa hal penting tentang cuci tangan yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencuci Tangan Sesuai Waktu

Untuk bisa mencuci tangan secara menyeluruh, Anda tidak boleh terburu-buru. Sesuaikan waktu mencuci tangan dengan standart yang sudah ditetapkan. Menurut perkiraan, Anda membutuhkan 40 hingga 60 detik untuk bisa mencuci tangan dengan bersih. Apabila Anda bingung bagaimana cara mengetahui apakah waktunya sudah pas atau belum, Anda bisa menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali.

  1. Melakukan Tahapan dengan Benar

Banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana tahapan mencuci tangan dengan sabun cuci tangan yang benar. Pertama, Anda perlu membasahi tangan dengan air yang mengalir. Jika memungkinkan, gunakan air hangat. Setelah itu, pakai sabun dengan jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

Gosokkan telapak tangan yang sudah dituangkan sabun dipermukaannya. Jangan lupa untuk menggosok jari, jempol dan kulit di sela-sela jari. Anda juga harus membersihkan telapak tangan menggunakan kuku. Terakhir, bersihkan bagian punggung tangan.

Bila dirasa sudah cukup, cuci tangan dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang tersisa. Anda bisa mengeringkan tangan menggunakan handuk atau tisu. Dengan menggunakan langkah dan tahapan yang benar, Anda bisa memanfaatkan sabun untuk menghilangkan bakteri di permukaan kulit.

  1. Menggunakan Sabun Cuci Tangan yang Lembut

Pernahkah Anda merasakan iritasi, gatal-gatal atau kulit mengelupas ketika mencuci tangan? Bila ya, itu adalah tanda bahwa kulit Anda tidak cocok dengan sabun yang digunakan. Anda bisa mengganti sabun dengan sabun yang kandungannya lebih gentle.

Jika kulit Anda termasuk dalam jenis yang super sensitif, menggunakan sabun bayi dengan konsentrasi kandungan tinggi juga bisa menjadi pilihan opsi.

  1. Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer adalah cairan pembersih yang mengandung alkohol di bagian dalamnya. Hand Sanitizer bisa menjadi solusi bila Anda sedang bepergian atau berada diluar rumah dan tidak memiliki akses untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Cara menggunakan hand sanitizer sangat mudah. Pertama, tuangkan cairan seukuran koin ke bagian telapak tangan. Oleskan sambil pijat tangan hingga cairan meresap atau menghilang. Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebelum Anda menyentuh area wajah atau makan.

  1. Memilih Kandungan Sabun Cuci Tangan Yang Baik

Di tahun 2017, Food and Drug Administration atau FDA melarang penggunaan sabun antibakteri yang mengandung triclosan dan trclocarban. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut tidak efektif dan justru bisa memberikan dampak negatif pada kulit.

Beberapa dampak negatif yang bisa terjadi bila Anda menggunakan dua kandungan ini adalah memicu terjadinya reaksi alergi, gangguan endokrin dan menyebabkan resistensi bakteri. Bila Anda akan memilih sabun cuci tangan, maka Anda harus menghindari kedua kandungan diatas karena tidak baik untuk kulit.

Anda harus menggunakan sabun cuci tangan yang sesuai dengan kebutuhan. Mencuci tangan tanpa sabun cuci tangan akan membuat kuman dan kotoran yang ada di permukaan tangan tetap ada. Jangan sampai Anda lupa untuk mencuci tangan menggunkan sabun cuci tangan hingga akhirnya jatuh sakit. Semoga bermanfaat.

Related posts