Ini Dia Manfaat Olahraga di Tengah Pandemi!

  • Whatsapp
Manfaat Olahraga di Tengah Pandemi

Mungkin beberapa di antara kita masih ada yang menganggap bahwa olahraga bukan hal yang utama saat kita berjuang dengan cara melindungi diri kita sendiri, keluarga kita, dan komunitas kita selama pandemi COVID-19. Mungkin seharusnya karena aktivitas fisik relevan untuk mengendalikan COVID-19 dan menjaga kualitas hidup.

Aktivitas fisik adalah salah satu kekuatan paling kuat untuk kesehatan yang baik. Ini membantu mencegah dan/atau mengobati banyak kondisi kesehatan fisik dan mental dengan meningkatkan fungsi berbagai sistem fisiologis.

Dalam bagian ini kita menjelaskan bagaimana memanfaatkan kekuatan salutogenic dari aktivitas fisik dapat membantu meringankan trauma yang diantisipasi dari pandemi coronavirus dalam empat cara:

  • Membantu mengurangi resiko peradangan COVID-19

    Aktivitas fisik berpotensi menurunkan tingkat keparahan infeksi COVID-19. Virus ini menempel pada jaringan paru-paru. Sistem kekebalan mendeteksi penyerang dan menyerang virus. Konflik antara virus dan sel kekebalan menciptakan peradangan. Peradangan itu menyebabkan kerusakan jaringan paru-paru yang bisa menjadi parah dan memerlukan intervensi medis, seperti ventilator mekanik. (1)

Bagaimana ini relevan dengan aktivitas fisik? Saat kamu aktif, otot menghasilkan senyawa yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Dengan demikian, aktivitas fisik memperkuat dua proses biologis yang bereaksi terhadap infeksi.

Meskipun penelitian tentang efek olahraga belum dilakukan pada pasien COVID-19, efek olahraga terhadap kekebalan, peradangan, dan infeksi virus pernapasan telah didokumentasikan dengan baik. Karena otot membentuk 30-40% dari berat badan, mereka dapat menjadi sekutu yang kuat dalam melawan dampak infeksi, tetapi hanya ketika otot sedang digunakan.

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, memiliki dampak terbaik, tetapi olahraga berat yang ekstrem, seperti lari maraton, untuk sementara mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

  • Mengurangi risiko penyakit berat

    Aktivitas fisik efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, diabetes, dan delapan jenis kanker, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit parah dan kematian di antara mereka yang terinfeksi virus corona. Meskipun aktivitas fisik secara luas direkomendasikan oleh otoritas kesehatan, upaya untuk mempromosikan gaya hidup aktif sangat minim. Masuk akal sekarang untuk mendorong orang, terutama mereka yang memiliki kondisi kronis, untuk cukup aktif sebelum terinfeksi, untuk mengurangi keparahan penyakit setelah infeksi. (2)

  • Membantu menjaga kesehatan mental

    Kita mengantisipasi bahwa gejala kecemasan dan depresi akan meningkat seiring dengan berlanjutnya pandemi. Untungnya, aktif secara fisik memiliki manfaat kesehatan mental yang penting. Setiap sesi aktivitas fisik meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan, jadi aktif setiap hari dapat menjadi penangkal sebagian dari stres akibat pandemi. Bagi orang yang sudah merasa tertekan, menjadi aktif sama efektifnya dengan obat-obatan dan psikoterapi. Aktivitas fisik yang paling umum adalah berjalan kaki, yang gratis, dapat diakses oleh kebanyakan orang dari segala usia, dan cocok untuk menjaga jarak sosial. (2)

  • Memulihkan kesimbangan koristol

    Respons tubuh terhadap stres psikologis menciptakan ketidakseimbangan antara kortisol dan hormon lain yang berdampak negatif pada sistem kekebalan dan peradangan. Strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan keseimbangan kortisol adalah aktivitas fisik dan manajemen stres. Dengan demikian, memulihkan keseimbangan kortisol adalah mekanisme lain di mana aktivitas fisik bermanfaat bagi kekebalan dan peradangan. (2)

Karena banyak manfaatnya, aktivitas fisik tidak boleh dianggap remeh selama pandemi ini; menjadi aktif harus menjadi rekomendasi utama. Hanya 19% wanita, 26% pria, dan 20% remaja yang memenuhi pedoman aktivitas fisik, sehingga mayoritas orang Amerika meningkatkan risiko banyak penyakit. kita merekomendasikan penelitian tentang dampak aktivitas fisik secara teratur pada tingkat keparahan penyakit di antara orang yang terinfeksi virus, tetapi tindakan tidak perlu menunggu penelitian. Aktivitas fisik sudah banyak direkomendasikan, dan ada banyak bukti bahwa aktivitas fisik dapat berkontribusi untuk mengurangi keparahan penyakit COVID-19 dan meningkatkan kualitas hidup sebelum dan sesudah infeksi. Apa yang hilang adalah upaya bersama untuk menerapkan beberapa dari banyak intervensi berbasis bukti. (2)

Di berbagai belahan dunia, orang-orang telah didorong oleh cerita media dan posting online dari warga yang mendorong orang untuk aktif selama krisis saat ini. Berbagai negara dan pemerintahannya menganjurkan untuk berteduh di tempat telah disertai dengan saran untuk keluar dan aktif saat mempraktikkan jarak sosial. Sebagai contoh, Gubernur California Newsome mendorong anjing berjalan-jalan dan membawa anak-anak ke taman. Gubernur New York Cuomo menangguhkan biaya untuk mengunjungi taman negara bagian. Segala jenis aktivitas moderat yang menyenangkan, di dalam atau di luar ruangan, sangat bagus untuk pikiran dan tubuh. Tetapi berjalan-jalan di luar ruangan setiap hari bisa menjadi momen penting bagi jutaan orang yang membantu kita melewati pandemi ini sambil mempertahankan kualitas hidup sebaik mungkin. (2)

Sangat penting bahwa kita melihat penghapusan hambatan sosial-ekonomi yang didorong oleh kebijakan untuk aktivitas fisik di luar ruangan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan kita – dari kesehatan masyarakat hingga perencanaan kota – sehingga semua individu dan masyarakat memiliki peluang yang aman, adil, dan menyenangkan untuk tetap bergerak dan sehat.

Itulah tadi penjelasan bagaimana manfaat olahraga dapat menjaga kesehatan kamu di tengah masa pandemi ini. Agar sesi olahraga dapat kamu lakukan dengan lebih efisien, pastikan kalau kamu mengkonsumsi Mizone, ya! Sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B yang membantu pembentukan energi, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Source:

  1. https://medicine.umich.edu/dept/psychiatry/michigan-psychiatry-resources-covid-19/your-lifestyle/importance-physical-activity-exercise-during-covid-19-pandemic
  2. https://americawalks.org/physical-activity-can-be-helpful-in-the-coronavirus-pandemic/

Related posts