Sekarang ini pada saat melakukan joging atau lari maraton, sinar ultraviolet (UV) yang dipaparkan matahari membuat mata kita silau sehingga kini mulai banyak orang yang menggunakan kaca mata khusus olahraga. Jika Kalian belum penah menggunakannya, mungkin sekarang Kalian bisa mencobanya. Dengan memakai kaca mata, mata Kalian akan terlindungi dan tidak cepat lelah.

Namun, bagi Kalian yang baru ingin mencoba menggunakan kaca mata untuk lari, pasti bingung memilihnya karena tiap kacamata memiliki perbedaan kadar proteksi sinar UV, jenis lensa, dan kedalaman warna. Oleh sebab itu, kami akan membantu Kalian menjelaskan bagaimana cara memilih serta rekomendasi kaca mata untuk lari yang sesuai untuk Kalian.

Untuk sekarang ini lari maraton mulai semakin populer dan berbagai acara maraton semakin banyak digelar. Sampai dengan, ada pula yang acara maraton ditayangkan secara live di Televisi. Dan untuk Maraton sendiri semakin menjadi tren karena masyarakat telah lebih sadar akan pentingnya kesehatan. Nah, ketika Kalian melihat para pelari maraton tersebut, pernahkah Kalian melihat pelari yang memakai kaca mata?

Sebenarnya menggunakan kaca mata memang dianjurkan karena akan mengurangi kelelahan yang dirasakan saat berlari. Rasa lelah ini akan dihasilkan otak akibat sinar UV yang masuk ke mata. Oleh sebab itu, menggunakan kaca mata saat berlari sangat membantu untuk mengurangi sinar UV yang masuk ke mata dan membuat Kalian tidak cepat lelah.

Selain itu, tahukah Kalian bahwa zat melanin yang menyebabkan bintik hitam pada kulit dapat terbentuk ketika sinar UV memasuki mata? Maka, penggunaan kaca mata saat berlari menjadi sangat penting, bukan? Mata Kalian juga akan terhindar dari debu dan kotoran yang mungkin masuk ke mata.

Cara memilih kaca mata untuk olahraga lari

Kini saatnya kami menjelaskan pada Kalian cara memilih kaca mata untuk olahraga lari. Ada banyak kaca mata yang dijual di pasaran, tetapi yang cocok untuk olahraga lari berbeda dari kaca mata biasa. Pastikan Kalian memilih yang tepat.

Pilih yang memiliki fungsi proteksi sinar UV

Sebelumnya kami telah menjelaskan betapa pentingnya menggunakan kaca mata saat olahraga lari. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kaca mata, pastikan produk yang Kalian pilih memiliki proteksi sinar UV. Biasanya informasi mengenai ada tidaknya fitur proteksi terhadap sinar UV ini dijelaskan pada deskripsi produk.

Angka pada proteksi UV menunjukkan tingkat persentase sinar UV yang dapat dicegah oleh kaca mata. Bahkan, kini semakin banyak kaca mata yang dapat mencegah masuknya sinar UV hingga mendekati 100%. Kebalikan dari proteksi UV adalah transmitans sinar UV, yaitu kemampuan kaca mata untuk meneruskan sinar. Jika persentase transmitans UV-nya kurang dari 1%, semakin baik pula performa kaca mata tersebut.

Ada kaca mata yang menunjukkan kemampuan proteksi UV dengan stkalianr Australia, seperti UV400, yang artinya kaca mata tersebut mampu mencegah masuknya sinar ultraviolet hingga 400 nanometer. Selain itu, walaupun beberapa kaca mata telah berlabel ‘proteksi UV’, Kalian tetap perlu mencari tahu lebih dalam mengenai kemampuan proteksi UV-nya. Oleh sebab itu, dalam memilih kaca mata, perhatikanlah dengan teliti mengenai informasinya.

Itulah informasi tentang Kegunaan menggunakan Kacamata saat Olahraga Lari dan kalian juga bisa lihat tentang kacamata lari terlengkap bagi kalian. Semoga bermanfaat buat kalian semuanya.