Kenali Gelombang Laut Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu adalah salah satu wilayah di DKI Jakarta yang mempunyai kekayaan dan beragam hayati laut. Makanya bagi para penghobi memancing sudah tidak asing lagi dengan kepulauan seribu yang kaya berbagai jenisb ikannya. Namun sayangnya, tidak semua keanekaragaman hayati di tempat ini bisa ditemui dalam waktu yang bersamaan, sebab ada saat-saat tertentu di mana beberapa jenis ikan akan muncul. Dan kemunculan ikan ini dipengaruh oleh faktor angin dan gelombang di laut. Dan menurut perhitungan dari para nelayan, ada beberapa musim angin yang bagis untuk melaut, serta ada beberapa masim yang sebaiknya tidak melaut. Informasi selengkapnya diharap bisa jadi referensi bagi Anda sebelum bertolak ke pulau seribu.

Mengenal gelombang angin laut kepulauan seribu

Kenali Gelombang Laut Kepulauan Seribu

Musim daya laut

Ini adalah musim yang paling baik untuk memancing atau pun bagi para nelayan baik untuk melaut. Sebab di musim tersebut daya laut yang terjadi sekitar bulan Oktober hingga November cukup bersahabat. Tiupan angin lautnya pun tidak begitu kencang dengan ombak laut yang cukup tenang, sehingga sangat cocok sekali untuk mencai ika di laut. Dan di musim ini umumnya sejumlah ikan seperti halnya ikan kembung, mayang, teri, tongkol, dan selar mudah sekali ditemukan.

Musim barat daya

Umumnya di musim ini angin laut bertiup dari barat daya ke timur laut dengan melewati pulau-pulau yang cukup cepat, bahkan sangat kencang atau badai. Warna setempat biasanya menyebutnya dengan istilah angin barat daya. Yang mana kondisi ini pastinya diperparah lagi dengan ombak laut yang terbilang cukup ganas dan badai angin. Dan di musim ini umumnya terjadi di awal tahun baru, yakni pada bulan November hingga Januari. Nelayan setempat umumnya menyebutnya sebagai musim peceklik, sebab nelayan di kepulauan seribu tidak ada yang berani melaut, bahkan di musim tersebu nyaris tidak ada ikannya.

Musim timur

Lalu untuk musim ini umumnya terjadi di bulan Juni hingga Agustus, yang mana musim timur tersebut umumnya angin laut bertiup kencang mulai dari pagi hingga malam harinya dengan iringan badai serta gelombang laut kepulauan seribu yang cukup besar. Di musim tersebut ketinggian gelombang dapat mencapai 1 hingga 2 meter, sebab gelombang tinggi inilah beberapa nelayan jalankan aktifitasnya di malam hari dengan alat pancing.

Baca juga:  Paket Wisata Kepulauan Seribu Trip

Baca juga: Harga Paket Wisata Kepulauan Seribu

Demikian sedikit informasi tentang gelombang laut kepulauan seribu. Semoga saja informasinya bermanfaat.

Tags: Harga Paket Wisata kepulauan seribu wisata kepulauan seribu

Posting Terkait "Kenali Gelombang Laut Kepulauan Seribu"

5 Kuliner Surabaya, No 4 Makanan Unik Yang Lagi Hits
Kuliner Surabaya - Surabaya memang dikenal dengan
7 Pantai di Semarang yang Bisa Kalian Kunjungi
Wisata Pantai di Semarang - Tidak hanya

Tinggalkan pesan "Kenali Gelombang Laut Kepulauan Seribu"