Pilihan Teknik Dasar Pencak Silat yang Umum Digunakan

  • Whatsapp
Teknik Dasar Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu seni bela diri tradisional asli Indonesia. Seni bela diri ini sudah menjadi cabang olahraga resmi dan dikenal di beberapa negara seperti Brunei, Malaysia hingga Thailand.  Bahkan sekarang ini sudah dikenal luas di seluruh dunia mulai dari Amerika, Eropa hingga Australia. Adapun yang membuat pencak silat ini istimewa yaitu gerakan gerakannya yang mirip seperti tarian dalam sebuah pertandingan. Meski demikian untuk bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut dibutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi karena tidak mudah untuk menguasai beladiri pencak silat. Namun meski demikian tidak usah khawatir karena Anda bisa memulainya dengan menggunakan beberapa teknik dasar pencak silat yang memang umum dilakukan.

Teknik dasar pencak silat

Ada beberapa jenis teknik yang memang harus dipelajari dalam Pencak Silat agar pemain mampu bertahan dan menyerang. Teknik apa saja itu?

Teknik Kuda Kuda

Teknik kuda-kuda adalah teknik yang wajib dikuasai pertama sekali karena teknik ini adalah sikap menapakkan kaki yang tujuannya untuk menjaga keseimbangan saat pemain melakukan penyerangan ataupun bertahan. Di dalam teknik pencak silat ini sendiri terbagi menjadi enam yaitu kuda-kuda depan, kuda-kuda tengah, kuda-kuda belakang, kuda-kuda silang, kuda-kuda samping hingga kuda-kuda depan belakang

Teknik Sikap Pasang

Setelah menguasai teknik dasar pencak silat yaitu kuda-kuda maka selanjutnya yang harus dikuasai adalah sikap pasang. Adapun yang dimaksud dengan sikap pasang adalah sebuah posisi yang dikombinasikan dengan kuda-kuda yang cukup fleksibel atau bisa disesuaikan dengan posisi yang ada apakah bertahan atau menyerang

 Teknik Pola Langkah

 Pencak silat adalah gabungan dari kuda-kuda yang dikombinasikan dengan fleksibelnya langkah serta pemahaman arah yang benar. Ada beberapa pola langkah yang harus dipelajari supaya gerakan kita tidak bisa dibaca oleh lawan. Adapun pola langkah tersebut adalah perubahan injakan kaki dari sudut ke area lainnya.

Teknik Arah Delapan Penjuru Mata Angin

Teknik dasar berikutnya adalah arah yang berhubungan dengan ke mana pesilat untuk melangkah saat posisi bertahan atau menyerang. Biasanya lebih dikenal dengan depalan penjuru mata angin di dalam persilatan

Teknik Tendangan

Teknik dasar dari pencak silat yang tidak bisa diabaikan adalah tendangan. Intinya ada empat jenis tendangan pada pencak silat yaitu tendangan A yang lurus ke depan kemudian ada tendangan C yaitu tendangan dari samping dan tendangan yang menggunakan telapak kaki serta tendangan melingkar

Teknik Pukulan

Sama halnya seperti olahraga beladiri lainnya maka pencak silat juga mempunyai banyak sekali jenis pukulan. Adapun gerakan pukulan dalam pencak silat digunakan saat menyerang atau bertahan. Teknik dasar dari pencak silat yaitu memahami tentang empat jenis pukulan yaitu pukulan lurus bandul dan melingkar.

Teknik Tangkisan

 Pencak silat adalah satu olahraga beladiri yang memiliki dua gerakan yaitu menyerang dan bertahan. Untuk bisa melakukannya maka teknik dasar yang harus dipelajari adalah tangkisan. Adapun tangkisan ini sendiri merupakan usaha pertahanan dari serangan lawan yang terdiri dari empat jenis yaitu tangkisan dalam, keluar, atas serta bawah.

 Teknik Kuncian

Olahraga beladiri pencak silat ini tidak hanya terfokus kepada dua posisi baik menyerang atau bertahan namun kita bisa juga mengunci pergerakan dari lawan. Nah salah satu teknik untuk bisa melakukan itu adalah kuncian di mana menyasar beberapa tubuh vital seperti leher, dagu dan pergelangan tangan dimana tujuannya adalah untuk menjatuhkan lawan.