Bagi Anda yang tertarik dengan dunia kedokteran, atau ingin menjadi seorang dokter spesialis, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya hingga mendapatkan gelar dokter spesialis dan kemampuan untuk mengobati serta merawat pasien sesuai dengan keahlian Anda. Salah satu spesialisasi di dunia kedokteran adalah dokter spesialis mata yang sekarang ini semakin dibutuhkan dengan banyaknya masalah kesehatan pada mata akibat gaya hidup maupun penyakit dan usia. Berikut ini adalah proses menjadi seorang dokter spesialis mata dan lokasi dokter mata Madiun bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan dokter mata di lokasi Madiun.

Untuk menjadi seorang dokter spesialis, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Sarjana kedokteran.

Untuk menjadi dokter, tahapan pertama yang harus Anda lalui adalah menjadi seorang sarjana kedokteran. Proses ini membutuhkan waktu antara 3,5 hingga 4 tahun sesuai dengan kebijakan universitas dan kemampuan akademik. Setelah lulus kuliah kedokteran Anda akan memiliki gelar S.ked namun belum memberi Anda kesempatan untuk menangani pasien sebagai seorang dokter.

  • Ko asisten.

Disingkat koas, merupakan tahapan yang perlu dilalui agar Anda menjadi seorang dokter Umum yang dapat menangani pasien. Tahapan ini dilalui selama 1,5 hingga 2 tahun dimana Anda akan dirolling ke berbagai bagian di rumah sakit pendidikan untuk mendapatkan pengalaman dalam menangani pasien dan penyakit secara langsung. Setelah masa Ko-as Anda akan menempuh Ujian Kompetensi Dokter Indonesia yang terbagi dalam ujian tertulis dan ujian praktis. Jika Anda lulus, maka Anda akan dilantik sebagai dokter, namun jika gagal, Anda perlu mengikuti ujian ulang periode berikutnya.

  • Internship.

Setelah dilantik menjadi dokter tak langsung dapat membuka praktek atau menangani pasien sebagai dokter. Anda memerlukan Surat Ijin Praktek dimana untuk mendapatkannya, Anda harus mengikuti internship dimana Anda akan ditempatkan ke rumah sakit pemerintah untuk mematangkan ilmu ko asisten yang dimiliki dan menambah pengalaman Anda menangani pasien. Di sini akan ada dokter senior yang membimbing Anda dalam melakukan berbagai prosedur medis. Jika Anda dinilai mampu melewati masa internship maka Anda akan diberi Surat Tanda Registrasi Dokter untuk mengurus Surat Ijin Praktek. Dengan surat ini juga Anda dapat meneruskan pendidikan ke spesialis.

  • Spesialis.

Setelah mendapatkan Surat Ijin Praktek Anda dapat mengambil pendidikan spesialis dengan masa sekitar 4 tahun sesuai dengan spesialisasi yang Anda ambil. Setelah lulus spesialis, Anda juga akan melakukan masa internship sebagai dokter spesialis selama 1 tahun hingga dapat mengambil ijin untuk melakukan praktek dokter spesialis.

Dari proses di atas, masa yang harus Anda lalui untuk menjadi seorang dokter spesialis adalah sekitar 9 hingga 10 tahun. Kisaran ini dapat berbeda antara satu dan lain jenis spesialisasi termasuk pada dokter spesialis mata.

Bagi Anda yang tinggal di Madiun dan ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis mata, dokter mata Madiun dapat Anda temukan di beberapa rumah sakit besar seperti RS Siti Aisyah Madiun, RSU Griya Husada dan banyak tempat praktek dokter mata mandiri lainnya. Anda bisa melakukan pemeriksaan kelainan mata seperti untuk mendapatkan kacamata yang tepat maupun melakukan pemeriksaan guna menangani masalah penyakit mata seperti katarak, glaukoma, konjungtivitis, ablasi retina dan lain sebagainya. Selain melakukan pengobatan bagi mata yang sudah memiliki masalah, Anda juga bisa melakukan konsultasi untuk tindakan pencegahan termasuk bagi mereka yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit mata seperti pada penderita penyakit diabetes.