Health.grid.id

Hiperhidrosis adalah, juga dikenal sebagai polyhidrosis atau sudore, merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan keringat berlebih. Keringat dapat mempengaruhi hanya satu area spesifik atau seluruh tubuh. Meskipun tidak mengancam jiwa, itu bisa menjadi tidak nyaman dan menyebabkan rasa malu dan trauma psikologis. Pada artikel ini, kita akan melihat penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan hiperhidrosis.

ini adalah beberapa poin penting tentang hiperhidrosis. Menurut medicalnewstoday.com hiperhidrosis cenderung dimulai pada masa remaja. Diperkirakan 7,8 juta orang Amerika menderita hiperhidrosis. Paling umum, kaki, tangan, wajah, dan ketiak terpengaruh. Ada sejumlah solusi yang dapat mengurangi gejala. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut.

Waspadai Komplikasi

Jika hiperhidrosis tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi. Beberapa diantaranya adalah Infeksi kuku: Terutama infeksi kuku jari kaki. Kutil: Pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh HPV (human papillomavirus). Infeksi bakteri: Terutama di sekitar folikel rambut dan di antara jari kaki. Ruam panas (biang keringat, miliaria): Ruam kulit merah dan gatal yang sering menyebabkan sensasi menyengat atau menusuk. Ruam panas terjadi ketika saluran keringat tersumbat dan keringat terperangkap di bawah kulit. Dampak psikologis: Keringat berlebihan dapat memengaruhi kepercayaan diri, pekerjaan, dan hubungan pasien. Beberapa individu mungkin menjadi cemas, stres secara emosional, menarik secara sosial, dan bahkan depresi. Rata-rata, seseorang dengan hiperhidrosis mencari bantuan medis setelah hidup dengan kondisi tersebut selama 9 tahun. Penting untuk menyebarkan berita bahwa gejala keringat berlebih dapat diobati secara efektif.

Awalnya, seorang dokter dapat mencoba untuk mengesampingkan kondisi yang mendasarinya, seperti tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) atau gula darah rendah (hipoglikemia) dengan memesan tes darah dan urin.

Diagnosis Dokter

Pasien akan ditanya tentang pola keringat mereka – bagian tubuh mana yang terpengaruh, seberapa sering episode keringat terjadi, dan apakah keringat terjadi selama tidur. Pasien mungkin diminta serangkaian pertanyaan, atau harus mengisi kuesioner tentang dampak keringat berlebih; pertanyaan dapat meliputi: Apakah kamu membawa sesuatu untuk mengatasi episode keringat berlebih, seperti serbet, antiperspiran, handuk, atau pembalut? Apakah hiperhidrosis adalah memengaruhi perilaku atau keadaan mental Anda saat Anda berada di tempat umum? Apakah hiperhidrosis memiliki efek pada pekerjaan kamu? Pernahkah kama kehilangan teman karena hiperhidrosis? Seberapa sering kamu mengganti pakaian?

Tes keringat termoregulasi: bubuk yang sensitif terhadap kelembaban diterapkan pada kulit. Ketika keringat berlebih terjadi pada suhu kamar, bedak berubah warna menjadi Sumber yang Dipercaya. Pasien kemudian terkena panas tinggi dan kelembaban di lemari keringat, yang memicu keringat di seluruh tubuh. Ketika terkena panas, orang yang tidak memiliki hiperhidrosis cenderung tidak berkeringat berlebihan di telapak tangan mereka, tetapi pasien dengan hiperhidrosis melakukannya. Tes ini juga membantu dokter menentukan tingkat keparahan kondisinya.

Obat alami

Beberapa perubahan dalam aktivitas dan gaya hidup sehari-hari dapat membantu meningkatkan gejala Antiperspiran – deodoran tidak berhenti berkeringat, tetapi semprotan antiperspiran juga. Beberapa resep antiperspiran termasuk aluminium klorida, yang menyumbat kelenjar keringat. Perisai ketiak – pembalut yang dikenakan di ketiak untuk melindungi pakaian dari keringat. Pakaian – serat sintetis tertentu, seperti nilon, dapat memperburuk gejala. Pakaian longgar lebih baik. Sepatu – bahan sintetis lebih cenderung memperburuk gejala. Bahan alami, seperti kulit, direkomendasikan. Kaus kaki – beberapa kaus kaki lebih baik dalam menyerap kelembaban, seperti yang tebal, lembut yang terbuat dari serat alami. Jika langkah-langkah ini tidak efektif, perawatan medis dapat membantu. Antiperspiran dan perisai ketiak tersedia untuk dibeli secara online.

Sudah cukup ya informasi lengkapnya tentang Hiperhidrosis adalah sebuah kelainan yang harus mendapat perhatian lebih. Kalau begitu sudah sampai sini dahlu tentang hiperhidrosis. Semoga bermanfaat.

Sumber: hellosehat.com