Bukit Bulu Coban Rais, Tempat Wisata Yang Sedang Booming di Malang

Tempat Wisata Bukit Bulu Coban Rais – Mendengar nama Kota Malang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Jika sudah mendengar kata Malang yang terpikir pastilah sebuah wisata, liburan, ataupun untuk sekedar jalan-jalan bersama teman-teman setelah lelah dari aktifitas keseharian di kantor ataupun di kampus. Kota yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Timur ini menyajikan sejuta destinasi wisata yang mampu memanjakan setiap mata yang memandang. Suhu udara yang cukup dingin membuat Malang menjadi sebuah kota yang dapat ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, bunga serta aneka buah, yang paling terkenal adalah apel yang berada di Batu.

Sebagai salah satu contoh tempat wisata yang saat ini sedang booming di kalangan remaja adalah wisata dengan spot foto yang menarik misalnya di Bukit Bulu Coban Rais.

Bukit Bulu Coban Rais merupakan tempat wisata berupa bukit yang berada di dekat air terjun, letak kedua area wisata tersebut yang berdekatan dalam artinya satu komplek memunculkan inisiatif warga sekitar untuk merubahnya menjadi satu kompleks tempat wisata yang mampu menarik perhatian masyarakat untuk datang mengunjungi.

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, Coban Rais juga merupakan tempat wisata yang berada satu komplek dengan wisata air terjun yang dulunya bernama Coban Sarangan.

Tempat Wisata Coban Rais Bukit Bulu

Tempat Wisata Coban Rais Bukit Bulu

Baca juga: Wisata Pantai Batu Bengkung Malang Dengan Pesona Kolam Renang Alami

Sebagai tempat wisata, Bukit Bulu Coban Rais menghadirkan pesona tersendiri bagi pecinta wisata Indonesia. Daerah Coban Rais terletak pada ketinggian hingga mencapai 1000 Mdpl, menyuguhkan pemandangan perbukitan yang serba hijau yang mampu menyejukkan mata serta suhu udara yang sejuk memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung terutama yang keseharian berada di kota besar dengan suhu udara yang cukup panas.

Sedangkan Coban Rais sendiri adalah tempat wisata yang berupa komplek wisata air terjun yang lokasinya terletak di bawah kaki Gunung Panderman yang ketika dulu bernama Coban Sabrangan. Menurut penduduk setempat pemberian nama Coban Sabrangan untuk air terjun ini adalah berdasarkan akses menuju tempat wisata yang harus menyeberangi sekitar 14 sungai. Akses yang cukup menantang bukan?

Mungkin bagi mereka pecinta alam, justru akses tersebutlah yang membuat suatu perjalanan wisata menjadi lebih menarik untuk dikunjungi selain menikmati pemandangan alamnya.

Perpaduan kedua spot wisata yang berupa air terjun dan daerah perbukitan menghasilkan sebuah tempat wisata baru yang sedang hits di kalangan anak muda sekarang. Meskipun tempat wisata yang satu ini sudah popular bagi anak muda, tidak menutup kemungkinan banyak yang belum tahu lokasi dari tempat wisata ini apalagi bagi mereka yang berasal dari luar kota pasti bertanya-tanya dimana letak objek wisata yang sedang hits ini.

Lokasi Tempat Wisata Bukit Bulu Coban Rais

Untuk rute menuju Kawasan Wisata Bukit Bulu Coban Rais ini terletak ada satu jalan yang melalui di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur, jika dihitung berada di kurang lebih 16 km dari pusat kota Malang. Daerah Batu yang sudah terkenal dengan tempat wisata yang indah pastilah tidak asing lagi bagi masyarakat, kemudian tinggal mencari daerah Oro-Oro Ombo yang merupakan tempat dari destinasi wisata tersebut.

Pesona wisata Bukit Bulu Coban Rais yang terletak di deretan bukit memberikan berbagai macam destinasi wisata untuk menarik pengunjung dan kesan yang asri sangat cocok untuk bersantai. Destinasi yang ada di area wisata ini diantaranya Bukit Bulu, Batu Flower Garden, serta air terjun yang yang mempunyai ketinggian sekitar 1025 m dari permukan laut. Destinasi Bukit Bulu yang berupa area perbukitan dengan pemandangan alam serta berbagai macam bunga cukup memberikan kesan sebuah tempat yang nyaman untuk menghilangkan penat.

Baca juga: Objek Wisata Malang Paling Baru yang Sedang Hits

Foto-foto perbukitan di area bukit bulu coban rais

view perbukitan bulu coban rais

view perbukitan bulu coban rais

Selain itu destinasi yang cukup terkenal dan ngehits sekarang ini adalah Batu Flower Garden. Sesuai dengan namanya, Batu Flower Garden merupakan destinasi yang berupa kebun yang ditumbuhi berbagai macam jenis bunga terutama bunga krisan yang mempunyai berbagai macam warna.

Keberagaman warna bunga membawa pengaruh berlebih terutama bagi perempuan-perempuan yang menyukai bunga. Tempat ini cocok untuk dijadikan salah satu spot untuk berfoto. Keunikan lain dari Batu Flower Garden ini adalah letak dari kebun yang berada di tepi bukit sehingga seperti taman bunga yang berbentuk miring.

Arena selanjutnya yang dijadikan sebagai destinasi wisata adalah air terjunnya yang mengalir di samping bawah bukit. Selain dapat menikmati destinasi taman bunga yang berada di bibir bukit, para pengunjung Bukit Coban Rais juga dapat melihat pemandangan alam yang hijau dan dihiasi air terjun yang mengalir nan indah. Dari bukit saat menengok ke bawah akan terlihat pemandangan dengan berbagai macam tumbuhan yang asri serta ditambah gemericik suara air terjun semakin memperlengkap keindahan tempat wisata ini tentunya.

Baca juga: Objek Wisata Malang Jawa Timur Paling Populer

Wahana Di Bukit Bulu Coban Rais

Tempat Wisata Bukit Bulu Coban Rais tidak hanya menghadirkan pesona keindahan alam yang ada di Desa Oro-Oro Ombo saja. Pada tempat wisata tersebut para pengunjung juga akan disuguhkan berbagai macam bangunan atau gardu dan semacam wahana lainnya yang menarik untuk dijadikan area berfoto.

Foto I love You Bukit Bulu Coban Rais

Spot Foto I Love U di Tempat Wisata Bukit Bulu Coban Rais

Spot Foto I Love U di Tempat Wisata Bukit Bulu Coban Rais

Wahana yang ada di Coban Rais tersebut diantaranya sebuah gardu yang bertuliskan I Love You yang berada di atas Bukit Coban Rais. Dari wahana ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan air terjun dari atas bukit, akan tetapi jangan lama-lama ya menikmati pemandangannya karena gardu ini lebih diutamakan sebagai spot foto selain itu masih banyak pengunjung yang juga mengantri.

Wahana lain yang disediakan oleh pengelola Bukit Bulu Coban Rais ini ada ayunan yang berada di atas bukit. Pada ayunan tersebut pengunjung dapat bermain ayunan yang berada di atas ketinggian. Berayun di dataran rendah mungkin sudah biasa bagi kita, nah, yang satu ini berayun di atas ketinggian 1000 meter lebih yang tentunya akan memacu adrenalin kita. Walaupun berayun di atas ketinggian terkesan menyeramkan, tetapi pengunjung tidak perlu khawatir. Pada wahana ini dilengkapi dengan sistem keamanan atau security system sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jatuh.

Foto Hammock Bukit Bulu Coban Rais

Wahana Hammock di Wisata Bukit Bulu Coban Rais

Wahana Hammock di Wisata Bukit Bulu Coban Rais

Wahana di objek wisata Bukit Bulu selanjutnya yang tak kalah menantang yaitu hammock bertingkat. Di wahana ini kamu dan teman-teman dapat tiduran di atas ketinggian 1000 meter. Tidak pernah terbayang bukan tiduran di atas bukit dengan ketinggian yang cukup menantang?

Foto Gardu Pandang Bukit Bulu Coban Rais

Tempat Foto Gardu Pandang Bukit Bulu Coban Rais

Tempat Foto Gardu Pandang Bukit Bulu Coban Rais

Wahana lainnya yang ada di area wisata ini adalah gardu pandang. Gardu pandang ini disediakan untuk melihat pemandangan yang ada di bawah bukit.

Selain beberapa wahana tersebut, Bukit Bulu Coban Rais juga menyediakan wahana lainnya yaitu sepeda gantung. Di wahana ini pengunjung dapat bersepeda di atas ketinggian. Sama seperti ayunan di atas bukit, wahana ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam pengaman untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir bagi yang ingin menikmati bersepeda di atas ketinggian yang menantang adrenalin ini.

Bukit wisata Coban Rais selain menawarkan berbagai macam wahana yang menantang adrenalin tersebut juga menyediakan berbagai macam spot untuk berfoto. Sama seperti berbagai macam tempat yang telah disebutkan di atas, selain berfungsi sebagai wahana juga berfungsi sebagai spot untuk berfoto baik bersama sahabat, pasangan ataupun bersama keluarga yang sedang berlibur. Spot-spot foto tersebut diantaranya adalah gardu yang berbentuk tulisan I Love you, di gardu ini pengunjung dapat berfoto sendiri ataupun bersama pasangan. Lebih banyak dari mereka berfoto bersama pasangan pada spot ini soalnya sesuai sama kata-kata yang romantis-romantis gitu. Untuk yang masih sendiri jangan sedih, masih banyak spot foto lain yang tidak kalah bagus kan?

Spot Foto Ayunan di Bukit Bulu Coban Rais

Ayunan Bukit Bulu Coban Rais

Ayunan Bukit Bulu Coban Rais

Spot foto selanjutnya yaitu ayunan di atas bukit, wahana yang berada di atas bukit ini juga menjadi spot foto yang menarik. Bagaimana tidak? Pengunjung dapat berfoto di ayunan dengan ketinggian yang cukup menantang dengan background sebuah pemandangan hijau dan asri. Wahana selanjutnya yang juga menarik untuk digunakan sebagai spot foto adalah hammock. Di wahana ini pengunjung dapat berfoto dengan tiduran bersama teman-teman di atas hammock, ada 5 step di wahana ini pengunjung tinggal memilih di step berapa ia ingin berfoto.

Foto Wahana Sepeda Gantung di Bukit Bulu Coban Rais

Sepeda Gantung Coban Rais

Sepeda Gantung Coban Rais

Tidak ketinggalan wahana sepeda gantung, wahana ini juga menjadi salah satu spot foto yang banyak diminati pengunjung. Bersepeda di atas ketinggian tentunya menjadi salah satu momen yang menarik dan tidak boleh dilewatkan untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Salah satu yang menjadi icon area wisata ini adalah Bukit Batu Flower Garden. Area kebun bunga tersebut adalah icon wisata, sehingga tidak lupa untuk menjadikannya sebagai spot foto yang menarik. Dengan berbagai macam bunga yang menghiasi bukit tersebut banyak menarik pengunjung terutama dari golongan wanita untuk berfoto. Berbagai jenis bunga yang ada di bukit ini memberikan kesan feminim bagi wanita yang identik dengan bunga. Tapi ingat di area ini hanya diperbolehkan untuk berfoto, jangan sampai merusak bunga-bunga yang ada di flower garden ini. Di berbagai spot foto yang ada di Bukit Bulu Coban Rais ini pengunjung boleh berfoto sendiri ataupun difotokan oleh petugas setempat.

Baca juga: Wisata Kuliner Malang Recommended Dikunjungi

Tiket Masuk Dan Biaya Yang Harus Di Keluarkan Untuk Mengunjungi Bukit Bulu Coban Rais

Tidak lengkap rasanya pembahasan mengenai tempat wisata Bukit Bulu Coban Rais tanpa membicarakan biaya yang perlu dipersiapkan oleh pengunjung. Tentu penasaran bukan berapa biaya masuk beserta untuk berwahana di bukit ini? Selanjutnya Liburanku.co.id akan membahas biaya  yang diperlukan untuk masuk, naik wahana beserta spot foto di tempat wisata ini.

Setiap pengunjung yang ingin memasuki Bukit Bulu Coban Rais cukup membayar Rp 7.500 per orang dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Selain biaya masuk pengunjung yang ingin berfoto di atas wahana juga dikenakan biaya, diantaranya untuk berfoto di bukit bulu dengan biaya Rp 10.000 untuk 1 file menggunakan kamera pengelola disana, jika ingin menambah file dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 per file. Jika ingin menghemat biaya untuk berfoto, pengelola tidak melarang pengunjung untuk menggunakan smartphone sendiri yaitu dengan biaya Rp 10.000 perspot foto. Sebagian besar spot foto di tempat ini dikenakan biaya Rp 10.000 kecuali hammock dengan biaya Rp 15.000 dengan foto sendiri. Pengunjung yang berfoto dengan kamera DSLR sendiri dikenakan biaya Rp 15.000, sedangkan dengan Go Pro biayanya Rp 10.000. Dengan demikian jika menggunakan smartphone sendiri, pengunjung dapat berfoto sepuasnya.

Bukit Bulu Coban Rais tidak hanya terdapat spot wisata untuk orang-orang dewasa saja, disini juga menyediakan arena untuk anak-anak. Wahana yang dikhususkan bagi anak-anak ini seperti sepeda mini Rp 20.000, ayunan mini dengan tarif Rp 10.000, three angel Rp 35.000 dan hammock tower mini dengan tarif Rp 20.000. Dengan adanya berbagai macam spot dan area tidak hanya memanjakan pengunjung dari kalangan dewasa saja untuk menikmati indahnya bukit bulu ini, anak-anak juga dapat bermain dan memilih spot foto mereka. Jadi tidak hanya untuk liburan kalangan muda saja tetapi jadi cocok untuk berlibur dengan keluarga dan anak-anak.

Rute Untuk Menuju Bukit Bulu Coban Rais

Rute dan jalan tempuh untuk menuju tempat wisata tersebut. Buka dari jam 07.30 sampai 15.00 WIB, tempat wisata yang sedang booming ini mempunyai rute yang sedikit jauh dengan jalan yang berkelok-kelok. Pengunjung dari luar kota Malang dapat menuju Malang terlebih dahulu kemudian menuju pusat kota Batu. Dari pusat Kota Batu dengan jarak sekitar 7 km perjalanan menuju Bukit Bulu ini dapat ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam. Rute perjalanan menuju tempat wisata ini cukup panjang, dari arah pusat Kota Batu carilah arah menuju ke Desa Oro-Oro Ombo. Di sekitar jalan untuk menuju ke lokasi wisata sudah terdapat papan petunjuk menuju lokasi, sehingga pengunjung hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan untuk sampai ke lokasi wisata. Jika sudah menemukan lokasi wisata, pengunjung tinggal memarkir kendaraan di area parkir yang sudah disediakan. Perjalanan menuju bukit bulu berlanjut menempuh jarak beberapa kilometer yang dapat ditempuh sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dan menyeberangi sungai. Setelah melewati rute perjalanan yang cukup panjang ini, pengunjung sampai di lokasi dan sudah disuguhkan dengan pemandangan alam yang cukup indah dan menarik.

Setelah sampai di lokasi wisata, perjalanan panjang yang ditempuh oleh pengunjung berjam-jam dari pusat Kota Baru menuju Desa Oro-Oro Ombo, melalui jalan setapak dan menyeberangi sungai untuk sampai di Bukit Bulu Coban Rais akhirnya terbayar dengan indahnya pemandangan. Suhu udara Kota Batu yang sejuk, pemandangan hijau yang dapat dinikmati dari atas bukit, warna-warni bunga yang indah serta ditambah gemericik suara air terjun yang menambah keasrian tempat wisata ini. Selain menyuguhkan pemandangan yang asri dan berbagai macam wahana yang menantang pengunjung tidak perlu khawatir, pengeloloa bukit bulu juga menyediakan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati yaitu area parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu bingung untuk memarkirkan kendaraannya, toilet, mushola, warung dan spot foto yang menarik.

Sudah lengkap bukan pembahasan kita mengenai wisata Bukit Bulu Coban Rais yang ada di Batu ini? Dari biaya masuk, spot foto, fasilitas, rute perjalanan, hingga pemandangan apa saja yang bisa pengunjung nikmati di sana. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang sedang hits ini? Ajak saja keluarga atau teman-teman untuk mengunjungi tempat ini. Perlu diingat ya kawan, selagi kita berada di tempat wisata dimanapun itu jagalah lingkungan. Jangan mengotori tempat wisata dengan sampah-sampah apalagi sampai merusak tanaman dan bunga.

Selamat berlibur.

 

Tags: air terjun wisata indonesia wisata jawa timur wisata malang

Posting Terkait "Bukit Bulu Coban Rais, Tempat Wisata Yang Sedang Booming di Malang"

Objek Wisata Pantai Legian Bali
Bali hmm memang sudah tak asing lagi
Tempat Wisata Rafting Di Bandung
Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan mengarungi
Objek Wisata Pantai Dreamland Bali
Pantai Dreamland adalah sebuah tempat wisata di
Menikmati Sore di Pasir Putih Barat Pangandaran
Banyak cara menikmati keindahan pantai pangandaran, salah

Tinggalkan pesan "Bukit Bulu Coban Rais, Tempat Wisata Yang Sedang Booming di Malang"