Tempat Wisata Rafting Di Bandung

Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan mengarungi sungai yang memiliki jeram dengan menggunakan wahana tertentu seperti perahu karet dan dayung.  Rafting termasuk wisata alam yang menantang karena memicu hormon adrenalin. Aktivitas ini akan lebih seru dan mengasyikan bila dikerjakan secara berkelompok.

Dilihat dari tingkat kesulitannya dalam mengarungi sungai, sungai dibagi menjadi 5 tingkatan yaitu grade 1 – 6. Grade 1 merupakan sungai yang paling mudah diarungi sehingga sangat cocok untuk pemula sedangkan grade 6 merupakan sungai yang paling sulit diarungi.

Tempat wisata rafting di Bandung yang populer adalah di Sungai Palayangan dan Sungai Cisangkuy.

1. Sungai Palayangan

Sungai Palayangan merupakan tempat wisata rafting terbaik di Bandung karena debit air yang stabil sepanjang tahun dan pemandangan yang indah.

Rafting di Sungai Palayangan

Rafting di Sungai Palayangan

Sungai ini terletak di Pangalengan, 45 km di selatan kota Bandung. Untuk dapat menikmati wisata ini, Anda dapat memulai pengarungan dimulai dari Situ Cileunca. Pada kondisi normal, debit air adalah 2 m3 per detik, sedang pada musim hujan dengan volume air yang melimpah debit air dapat mencapai lebih dari 4m3 per detik.

Sungai Palayangan termasuk grade 3-4 untuk golongan menengah tetapi bila Anda pemula pun, Anda tidak perlu khawatir karena di tiap perahu akan disediakan 1 orang pemandu yang terus memberikan aba-aba apa yang harus dilakukan selama arung jeram.

Panjang lintasan pengarungan adalah sekitar 5 km dengan tingkat kemiringan sungai 30-60 derajat, dan adanya jeram-jeram yang agak sulit ditaklukan sehingga rafting di Sungai Palayangan ini dapat memberikan sensasi tantangan tersendiri buat para wisatawan.

2. Sungai Cisangkuy

Sungai Cisangkuy merupakan alternatif arung jeram di Bandung. Sungai ini terletak di Desa Lamajang Kec. Pangalengan Kabupaten Bandung. Air sungai Cisangkuy mengalir diantara 2 lembah gunung, yaitu Gunung Puntang dan Gunung Patuha dan sumber airnya berasal dari Situ Cileunca dan juga dari beberapa anak sungai yang berada disekitarnya.

Rafting di Sungai Cisangkuy

Rafting di Sungai Cisangkuy

Sungai Cisangkuy sangat baik digunakan untuk arung jeram karena kondisi sungainya yang lebar yaitu sekitar 14 meter, arus airnya yang deras, juga alur lintasan yang lumayan jauh yaitu sekitar 5 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun sayang untuk berarung jeram di sungai Cisangkuy masih terkendala musim, yaitu harus dilakukan saat musim hujan agar debit air naik.

Bagaimana? menarik bukan? bila Anda senang dengan liburan yang menantang, rafting di Bandung patut dicoba.

Tags: bandung selatan pangalengan rafting sungai

Posting Terkait "Tempat Wisata Rafting Di Bandung"

Objek Wisata Pantai Legian Bali
Bali hmm memang sudah tak asing lagi
Objek Wisata Pantai Dreamland Bali
Pantai Dreamland adalah sebuah tempat wisata di
Menikmati Sore di Pasir Putih Barat Pangandaran
Banyak cara menikmati keindahan pantai pangandaran, salah

Komentar ditutup.