Mencoba Jalur Trekking Jayagiri – Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata alam yang populer dan wajib dikunjungi di Bandung.

Untuk mencapai objek wisata Gunung Tangkuban Perahu dapat dilalui dari beberapa pintu masuk. Biasanya para wisatawan akan datang melalu pintu dari arah Lembang di pintu utama dengan menggunakan kendaraan. Namun bila Anda menyukai tantangan dan hiking, Anda dapat memasuki objek wisata Gunung Tangkuban Perahu melalui Jayagiri yaitu sebuah desa dimana Anda akan melewati jalur perkebunan penduduk, bukit dan hutan. Kedengarannya asyik ya? Berpetualang gitu loh .. apalagi bila hiking dilakukan bersama teman atau keluarga.

Jayagiri Lembang merupakan sebuah kawasan wisata alam di daerah Lembang, Bandung dengan luas sekitar 7 hektar dan terletak di ketinggian 1.250 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Terdapat berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Jayagiri meliputi ekplorasi hutan yang terdiri dari tanaman campuran pinus, puspa, dll, terdapat juga kawasan memancing, berkemah dan tentunya terdapat trek untuk hiking ke Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk mencapai Jayagiri, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum, tapi saran saya sih sebaiknya angkutan umum saja karena tujuan kita adalah menyusuri jalur trekking Jayagiri – Gunung Tangkuban Perahu agar hati tenang dan pikiran tentram hehehe. Bila menggunakan angkutan umum, Anda dapat menggunakan angkot jurusan Ciroyom-Lembang sekitar 30 menit atau menggunakan trayek stasiun hall-Lembang dan turun di Jalan Raya Lembang, bilang saja sama pak Supir mau ke Jayagiri :-). Setelah turun dari angkot, Anda perlu berjalan kaki sekitar 300 meter menuju desa Jayagiri.

junghun

Sekitar 700 meter sebelum masuk gerbang Wisata Alam Jayagiri, Anda dapat mampir terlebih dahulu ke sebuah taman bernama Taman Junghuhn, yaitu sebuah taman terdiri dari makam dan tugu  yang dibuat khusus untuk mengenang jasa Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang mempelopori budi daya kina di Indonesia. Anda dapat beristirahat sejenak di taman ini sebelum memulai hiking yang menguras tenaga atau Anda dapat menggunakan taman ini sebagai “meeting point” dengan teman Anda.

Baca juga:  Objek Wisata Kawah Putih

Memasuki gerbang wisata alam Jayagiri, Anda diharuskan membayar tiket masuk 5 ribu rupiah saja dan itu berarti trek pendakian dimulai ….

pendakian jayagiri

Sepanjang jalur trekking pendakian, Anda dapat menikmati keindahan tanaman kopi milik penduduk serta pohon pinus yang menjulang tinggi. Sebetulnya udara disini sangat sejuk tapi berhubung jalurnya menanjak membuat kita sering kehabisan napas. Bila Anda sudah merasa lelah sebaiknya beristirahat sebentar dan jangan dipaksakan untuk mendaki. Apapun itu, tujuan dari hiking adalah membuat badan dan pikiran segar dan sehat bukan untuk membuat kita lelah dan sakit.

Kurang lebih 1 jam berjalan dari gerbang utama wisata alam Jayagiri dan melewati hutan pinus, terdapat warung dan ini adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan ngobrol-ngobrol di warung sambil melepas penat.

Selain warung, Anda juga akan menemukan persimpangan jalan, ke kiri menuju perkebunan teh sukawana, ke kanan menuju Cikole dan yang lurus menuju Gunung Tangkuban Perahu. Pilihlah jalan yang lurus dan Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan lagi dengan melewati hutan pinus yang masih muda dan kecil-kecil, berjalanlah terus sampai menemukan pos saluran air dan terdapat tempat yang lapang dimana Anda bisa mendirikan tenda. Anda pun dapat beristirahat sejenak disini sebelum Anda memasuki area hutan yang lebat dan lembap.

Sekitar 30 menit setelah melewati area hutan tsb, akhirnya Anda akan sampai di area parkir bis objek wisata Gunung Tangkuban Perahu dan itu artinya Anda tidak nyasar hehehe. Tips dari saya agar Anda tidak nyasar adalah perhatikan terus petunjuk jalan dan bertanyalah pada penduduk yang Anda temui bila Anda merasa ragu.

Kawah Ratu

Kawah Ratu

Setibanya di Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat menikmati berbagai tempat wisata yang tersedia di sini seperti Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas atau kawah-kawah lainnya bila berminat. Untuk mencapai Kawah Ratu, Anda dapat berjalan kaki lagi atau Anda dapat menggunakan angkutan khusus wara-wiri Gunung Tangkuban Perahu.

kawah upas

Anda pun dapat mencoba air keramat di Goa Cikahuripan. Percaya atau tidak, menurut juru kunci yang menjaga Air Keramat Goa Cikahuripan, konon air keramat tersebut dapat menjadi obat awet muda. Anda dapat masuk ke dalam Goa dan mandi di air keramat tersebut atau dapat juga membawa pulang air keramat tersebut ke rumah.

Baca juga:  6 Bangunan Bersejarah di Kabupaten Pangandaran

Untuk pulangnya, Anda dapat melewati jalur trekking lagi ke Jayagiri bila Anda masih mampu, kalau tidak yah pulang saja naik angkutan umum dari gerbang Gunung Tangkuban Perahu atau menyewa mobil, jangan lupa nego harga dulu ya …

Selamat mencoba dan selamat berlibur …

Tags: bandung utara cagar alam gua gunung hiking hutan kawah lembang sejarah tips

Posting Terkait "Mencoba Jalur Trekking Jayagiri – Gunung Tangkuban Perahu"

6 Curug Lain Di Sekitar Kawasan Wisata Bogor Curug Luhur
Wisata Bogor Curug Luhur – Semua orang
5 Tempat Wisata Bogor Cipanas Kekinian Yang Instragamable
Wisata Bogor Cipanas – Kota yang satu
5 Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Cinangneng dan Sekitarnya
Wisata Bogor Cinangneng – Tidak sedikit orang
3 Tempat Wisata Bogor Cilember Siap Bahagiakan Keluarga
Wisata Bogor Cilember – Salah satu kota

Komentar ditutup.